PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK "MEMBUAT CLASS MEJA"
APA ITU PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK ?
Pemograman Berorientasi Object atau dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah paradigma dalam pemograman yang menyelesaikan masalah program dengan menyediakan objek-objek(terdiri dari beberapa attribute dan method) yang saling berkaitan dan disusun kedalam satu kelompok atau yang disebut dengan class. Nantinya objek-objek tersebut akan saling berinteraksi untuk menyelasaikan masalah program yang rumit.
Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.
Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement. Penggunaan pemrograman berorientasi objek sangat benyak sekali, contoh : java, php, perl, c#, cobol, dan lainnya.
CONTOH DASAR PEMOGRAMAN BERBASIS OBJEK!
Contoh dasar yang didapat yaitu membuat pemograman dengan class "Meja" .Hal pertama yang harus di perhatikan dalam membuat sebuah programan yaitu membuat shortcode nya terlebih dahulu. Shortcode dapat di tulis di aplikasi teks editor seperti sublime teks,notepad,notepad++,dll. Adapun shortcode nya yaitu :
/*
program : meja.java
tanggal : 11 april 2023
nama : Najwa Auliyah
NIM : 22323024
*/
public class meja{ //class dari program kita,yaitu nama meja
public int kaki_meja(){ //membuat class bertipe integer dan bernama kaki_meja
return 70; //memiliki nilai kembali 70
}
public int alas_meja(){ //membuat alas meja dengan nama alas_meja dan bertipe integer
return 120; //memiliki nilai kembali 120
}
public static void main(String [] args){ //publik dan tidak memiliki nilai kebalikan (void)
meja a=new meja(); //variabel meja dengan nama a dan membuat variabel baru dengan nama niw meja
int kaki=a.kaki_meja(); //variabel kaki dengan tipe integer dan memiliki variabel a dengan class alas_meja
int alas_meja=a.alas_meja(); //variabel alas_mejayang bertipe integer dan memanggil variabel a dengan class alas_meja
System.out.print(kaki*alas_meja); //sysout, digunakan untuk menampilkan output dari oprasi kaki * alas_meja
}
}
Setelah semua selesai langkah selanjut nya yaitu menjalankan shortcode yang telah di buat dengan menggunakan aplikasi pengompile seperti CMD.
Adapun langkah-langkah dalam menjalankan program nya yaitu :
1. Buka CMD dengan klik windows+R
Komentar
Posting Komentar